Sunday, July 29, 2007

Sertipikat...



Setelah beberapa minggu belajar di negri orang sertipikat apa aja ya yang udah didapet? kira-kira worth it ngga ya? yuk kita bahas...

sertipikat pertama didapet dari program reguler saya di Polandia, sesrtipikat resmi dari IFMSA International yang menerangkan bahwa saya telah menjalani clerkship di bagian Internal Med-Gastroenterology selama periode 1 bulan.. Untuk yang satu ini worth it lah ya.. karena cita-cita sebagai gastroenterologi memang sudah tertanam, untuk biaya, sangat worth it!

sertipikat kedua didapat secara insidental, sertipikat ini merupakan sertipikat yang dikeluarkan IFMSA Poland karena kesalahan mereka dalam administrasi sehingga kami sempat ditempatkan di bagian endokrinologi selama 1 minggu, memang kami sengaja meminta sertifikat itu ditulis dalam bahasa Polish, biar orang-orang Indonesia ga tau kalo kami cuma seminggu di Endokrin, yang penting ada tulisan endokrinologii dan angka 1. Udah deh terserah profesor-profesor pengambil keputusan ntar mo mengartikan apa, hehehe.. Untuk sertipikat kedua ini benar-benar wort it!! dari segi biaya (karena gratisan) maupun fungsinya.

Nah sertipikat ketiga ini sebenernya mirip brevet. DAri program yang bener-bener insidental ini saya sangat bersyukur kepada 4JJ atas kemurahan yang diberikan. Sertipikat ini merupakan sertipikat yang diberikan oleh Ikatan ahli bedah videoscopy Polandia atas kursus bedah videoscopy (laparoscopy-bedah dengan menggunakan alat bantu dan minimal invasif-akan saya terangkat pada blog lain) yang telah saya ikuti. Nilai brevet ini lebih tinggi dari nilai sertipikat-sertipikat saya yang lain, karena videoscopy merupakan ilmu bedah paling mutakhir dan tingkatannya di sertifikat yang sudah advanced bukan lagi basic. Berarti dengan didapatnya sertipikat ini, saya sudah setingkat dewa-dewa bedah Solo seperti dr.IBM, dr. nunik, dr.Agus Raharjo, yang baru mulai menggunakan laparoscopy surgery sebagai prosedur baru dalam RSDM. Dan yang paling dibanggakan brevet ini mampu membuat para residen bedah yang paling kemaki dan sok (Rosyik, Husni, Tumpal, Andreas, dll) cep klakep, mlongo bila melihat sertipikat ini. Hehehe..ternyata ada koas yang selama ini dibabuin mampu mengungguli mereka.. HIDUP KOAS!!!

3 Kumentar:

Anonymous said...

Hello!!! habibiearifianto.blogspot.com is one of the most excellent resourceful websites of its kind. I enjoy reading it every day. All the best.

Anonymous said...

The author of habibiearifianto.blogspot.com has written an excellent article. You have made your point and there is not much to argue about. It is like the following universal truth that you can not argue with: A person with two first names cannot be trusted. Thanks for the info.

Anonymous said...

habibiearifianto.blogspot.com is the best. Thank your for this article. I enjoyed it very much.
AAA Toronto Payday Loans 1172 Bay St #101, Toronto, ON M5S 2B4 (416) 477-2817