Monday, July 23, 2007

INdonesian Cuisine #2






Di seri Indonesian Cuisine #2 ini saya akan bercerita mengenai pengalaman mempersiapkan masakan Indonesia secara masal (untuk 17 orang) pada saat Indonesia-Hungary days, dimana kami membuat nasi goreng dengan 2 macam rasa yaitu pedas (untuk bangsa Indonesia, Austria, Netherland dan beberapa Polland) dan tidak pedas (Spanyol, Hungaria dan beberapa Polland).
Nasi goreng disini berfungsi sebagai main course disusul dengan bubur nasi susu yang disebut "babapapi" made in Hungary. Tidaklah mudah bagi seorang koki amatir untuk memasak nasi dalam porsi besar, but anyway semua orang puas atas hasil masakan saya, hal ini ditandai dengan piring-piring yang kosong tak tersisa saat acara santap berakhir, juga beberapa pujian dari semua penikmat Indonesian food di sore itu.
bahan-bahan yang diperluakn untuk membuat nasi goreng kami yaitu:
1 kg beras
5 buah jamur champignon
5 ikat daun bawang diiris tipis
4 butir telur ayam
1 potong paha bawah ayam
minyak goreng
sedikit sambal olek
kecap manis (sedikit saja sebagai sarat)
saos tomat (sebagai pengganti kecap manis, karena sangat langka disini)
Royco rasa sapi / ayam
2 buah ketimun jepang (zucchini) sebagai pelengkap
Tak ketinggalan, sebagai pelengkap rasa kami juga tambahkan beberapa potong dendeng manis dan abon.
setelah sekitar 1 jam persiapan dan memasak, voila!! nasi goreng ternikmat seantero Eropa telah tersaji, semua berdiam saat menyantap suapan pertama hingga terakhir, rasanya yang eksotis meresap disetiap lidah penikmat masakan hambar khas Eropa.
hal ini dapat terlihat pada ekspresi wajah bangsa Austria yang puas dan menunjukkan piring kosongnya pada kami...
akhirnya walau kecapaian memasak, kami cukup puas atas ekspresi yang ditunjukkan para tamu sore itu, dan lebih lagi, kami bangga atas Indonesia, atas masakannya, atas keramah tamahannya. Hanya hal ini yang bisa kami berikan bagi bangsa Indonesia saat kami berada di Polandia..
mungkin kami akan sajikan beberapa menu eropa yang kurang menggugah selera Indonesia pada posting-posting mendatang...

0 Kumentar: