Wednesday, October 31, 2007

Apoptosis..



4JJ telah menanamkan software pada setiap mahluk ciptaanya yang menurut saya terhebat dari software manapun yang telah berhasil diciptakan di dunia, software yang saya maksud adalah apoptosis. Apoptosis atau bahasa awamnya programmed cell death, atau kematian sel terprogram, adalah suatu program yang ditanam di setiap organisme multiseluler untuk pengendalian jumlah dan pembaharuan sel. Bayangkan jika apoptosis tidak terjadi, mulai dari masa pembuahan manusia, dimana bila tidak terjadi apoptosis tidak akan ada pembelahan endo, meso, ektoderm, sehingga saat menginjak 9 bulan pasca konsepsipun manusia hanya terbentuk sebagai mudigah yang besar, tidak akan ada yang namanya kulit, organ ataupun jaringan tulang dan saraf, apalagi sel-sel epitel yang selalu melindungi organ-organ kita. Apoptosis menyebabkan terjadinya pemisahan endo, meso dan ektoderm.
Alangkah menderita juga kita bila program apoptosis tidak berfungsi normal, pertumbuhan sel abnormal, sel-sel imortal, yang setiap saat membelah, memperbanyak diri tanpa ada kematian sel tua, cancer akan menjadi satu-satunya mimpi buruk yang setiap saat akan menghantui hidup kita.


Kunci dari program maha hebat ini adalah sebuah protein yang bernama caspase, tanpa protein ini apoptosis tidaklah mungkin terjadi. Caspase disekresikan oleh mitokondria suatu sel, dengan bantuan beberapa mediator kimiawi. Enzim caspase kemudian akan mengaktifasi apoptosis pada sel dan voila program dahsyat ini terjadi..
Maha besar 4JJ yang menciptakan program maha dahsyat dan indah ini..

ketika sebuah sel berniat bunuh diri, ces't magnifique...

0 Kumentar: