Thursday, August 2, 2007

Laparoscopic Surgery Training





Setelah saya bercerita panjang lebar mengenai Swissmed, saya akan menjelaskan sedikit mengenai training laparoscopic surgery ang kami lakukan. Training ini dibagi menjadi 3 sesi, videosession, dimana kita dijelaskan panjang lebar mengenai laparoscopic surgery, atau videoscopic surgery, dan beberapa tehnik dan video pembedahan laparoskopik. Sedikit yang dapat saya terangkan disini, laparoskopik adalah suatu tehnik pembedahan dengan minimal invasif, yang memiliki tujuan utama untuk kosmetik dan psikologis pasien, dengan menggunakan peralatan endoscopic dan beberapa arm yang dimasukkan melalui trokar kedalam organ dalam pasien yang sebelumnya telah diberi CO2, untuk memberi ruang bagi kamera.
Sesi kedua pada pelatihan ini adalah praktek menggunakan peralatan laparoskopik asli pada sebuah alat khusus, dengan seorang sebagai operator dan seorang lagi menjadi kameraman. Misi yang dicapai pada latihan sesi kedua ini adalah mencatat waktu secepat mungkin untuk memasukkan 10 kancing baju kedalam kancing, kemudian tehnik kamera terbalik, menjahit kancing baju, yang kesemuanya menggunakan arm yang kita kontrol dari luar alat.
Sesi ketiga adalah sesi yang paling menyenangkan, dimana kita bisa berlatih memotong, ligasi, adhesiolisis dan cholecystectomy, menggunakan mesin virtual reality, dan yang paling menyenangkan, saya dapat sertipikat. Huehehehe...
So, tambah lagi satu ahli videoskopik surgery di Solo...
Hehehe..residen bedah UNS kalah niii yeee ma koasnya... makanya jangan kemaki..

0 Kumentar: